Cara Menggunakan & Mengoptimalkan Meta Description di Blogger

Meta description tag adalah salah satu meta tags yang sangat penting bagi blog, bahkan kini mungkin menjadi satu-satunya meta tag yang memiliki bobot besar bagi search engine. Meta description berfungsi sebagai pemuat meta informasi yang mendeskripsikan isi halaman blog. Meta deskripsi ini juga menjadi bagian dari snippet deskripsi di hasil pencarian Google. Oleh karena itu, menggunakan dan mengoptimalkannya secara tepat akan menambah kekuatan SEO blog di search engine, atau setidaknya menjadi alat bagi blog untuk menarik pengunjung dari search engine. Sebenarnya, ada banyak sekali poin yang ingin saya ulas mengenai meta description ini, baik mengenai "kesalahpahaman" meta description yang dianggap sebagai keseluruhan meta tags (meta tags ada banyak: meta keywords, meta author, meta robots, meta location, dll), maupun dalam konteks apakah meta description masih digunakan search engine, khususnya Google. Namun karena semua sudah saya ulas tuntas di tautweb.com, silahkan simak pembahasannya di artikel Meta Description dan SEO.

Beberapa fitur baru Blogger memang mengagumkan, dalam beberapa posting terdahulu, saya sudah menulis tentang penggunaan sitemap.xml dan Blogger custom permalink, dan kali ini, saya masih akan berbicara mengenai fitur Blogger baru yang berkaitan erat dengan SEO: Fitur Custom Meta Description Blogger. Sebenarnya fitur ini muncul sudah agak lama, sekitar Februari-Maret 2012, tapi belum selengkap dan sesempurna seperti sekarang, yaitu adanya penambahan fitur search description pada single post (deskripsi unik untuk masing-masing halaman posting). Sehingga baru sekarang saya bicarakan optimasi fitur ini.

Cara Menggunakan dan Menambahkan Meta Description Blogger


Dulu, sebelum ada fitur search preferences yang dapat diatur dengan mudah melalui dashboard Blogger, kita mesti menambahkan tag meta deskripsi secara manual:
< meta name='description' content='deskripsi konten/halaman blog' />
Tapi kini tidak perlu lagi, karena fitur meta description dapat dengan mudah diakses melalui halaman settings.
1. Buka dashboard > settings
2. Pilih search preferences
3. Lihat Pada bagian Meta Tags > Description
4. Klik "Edit".
5. Pada opsi Enable search description? Pilih "Yes".
Meta Description Blogger 1
6. Akan muncul content box seperti ini:
Meta Description Blogger 2
7. Isikan deskripsi blog sesuai keinginan. Ingat, maksimal hanya 150 karakter, jadi optimalkan penggunaan kata-kata se-efisien mungkin. Lalu klik "save changes" untuk menyimpannya.

Berikut contoh snippet description-nya di Google:
Bagi sobat yang dulu pernah menambahkan meta description melalui template Blog (menambahkan tag meta description secara manual), sebaiknya pindahkan saja deskripsi blog ke dalam fitur tersebut, karena akan ada fitur yang lebih hebat lagi jika sobat mengaktifkan fitur meta tags melalui settings di dashboard. Apa itu? Simak kelanjutannya.....

Cara Menambahkan Meta Description Pada Single Post/Halaman Posting

Kembali lagi ke dulu (hehe, saya suka mengenang masa "dulu"), Blogger tidak memiliki fitur meta description pada single page (halaman tersendiri), sehingga untuk menambahkan meta deskripsi pada masing-masing halaman, kita musti menggunakan andalah tag B if dan else. Sehingga terbayang bukan, baris-baris meta description di template XML blog sedemikian panjang karena terdiri dari meta tag deskripsi masing-masing halaman, jika halaman posting berjumlah 100, maka akan ada 100 meta description unik di template blog.

Tapi kini tidak lagi, dengan adanya fitur setting meta tags (description), kini masing-masing halaman blog dapat diberi deskripsi unik, sehingga menambah kekuatan SEO-nya, setidaknya ketika tampil di hasil pencarian. Caranya?
1. Syarat penting dari penggunaan fitur "Search Description" ini adalah dengan mengakftifkan terlebih dahulu fitur Meta Description seperti cara di atas.
2. Setelah diaktifkan, buka halaman posting editor (seperti ketika membuat posting baru).
3. Lihat ke sebelah kanan pada "Post Settings", akan ada beberapa panel, seperti dulu yang pernah saya bahas ketika membuat "custom permalink".
4. Jika setting meta description telah diaktifkan (enable) seperti cara di atas, maka akan muncul satu fitur lagi, "Search Description", deskripsi pencarian, yang bukan lain adalah fitur untuk menambahkan meta deskripsi unik pada masing-masing halaman posting. Perhatikan gambar berikut:

Meta Description Blogger 3

  • Klik "Search Description"
  • Isikan deskripsi isi artikel/posting/halaman sesuai keinginan
  • Klik "Done" jika sudah selesai.

Sobat dapat melakukan langkah di atas ketika membuat posting baru atau ingin mengedit posting-posting lama untuk menambahkan deskripsi.

Sekarang sobat telah mengetahui dan memiliki meta description unik pada masing-masing halaman blog.

Tapi masih ada satu catatan lagi: meta description, seperti namanya, harus memiliki isi yang benar-benar deskriptif, sehingga pengunjung yang melihatnya tidak bingung dan justru tidak jadi melakukan klik. So, ada beberapa kiat khusus untuk mengoptimalkan isi meta description, baik untuk search engine maupun untuk user/ visitor.



Cara Mengoptimalkan Meta Description
1. Meta description hendaknya berisi kalimat, bukan sekedar frase atau keyword tanpa bisa dipahami maknanya oleh pengunjung. Meta description adalah yang ditampilkan sebagai snippet deskripsi di bawah judul konten. Gunakan kalimat jelas dan upayakan dapat "merayu" pengunjung untuk melakukan klik. Meta description merupakan alat ampuh untuk meningkatkan traffic blog jika digunakan dengan benar.

2. Memperhatikan keyword yang digunakan sangat penting, namun sebaiknya jangan membanjiri deskripsi dengan keyword saja, karena membingungkan pengunjung dan justru bisa dianggap sebagai spam oleh Google. Be natural! Saya sering melihat deskripsi sengaja dibuat dengan menggunakan tag: page title - blog name - page title, yang menghasilkan judul blog - nama blog - judul blog, ini justru dapat merugikan blog karena tidak deskriptif, berisi pengulangan-pengulangan tidak penting, dan tentunya, spammy!

3. Jumlah karakter yang ditampilkan di search snippet kini semakin berkurang, dulu karakter deskripsi bisa mencapai 160 karakter. Tapi kini cuma di bawah jumlah itu. Bahkan untuk berjaga-jaga, sebaiknya deskripsi memiliki karakter tidak lebih dari 140 karakter (mengingat kini snippet tanggal juga ditampilkan).

Yup, itu dia sedikit dari saya mengenai penggunaan dan optimalisasi meta description blog. Saat ini saya masih terus mengeksplorasi fitur-fitur baru Blogger serta terus mencari fungsi dan optimalisasi lainnya, khususnya untuk SEO dan Desain Blog. Simak terus update-update selanjutnya! Have a nice blogging, and happy fasting on this Ramadhan as well....

© buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.
sumber : buka-rahasia.blogspot.com

Tips Freelance IT Merangkap Karyawan

Artikel ini didapat dari FOKUSJabar.com Freelance IT, tenaga kerja paruh waktu di bidang Informasi dan Teknologi saat sekarang ini satu jenis pekerjaan yang saat ini dirasa lebih menjanjikan dibanding menjadi seorang pekerja kantoran, alasannya selain penghasilan yang terkadang lebih besar  selain itu tidak terikat pada komitmen pada jam kerja. Bisa jadi seorang freelance menghasilkan 5 bulan gaji dibanding pekerja kantoran, oleh sebab itu banyak tenaga IT Profesional yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan tetapnya.

Namun ada juga selain berprofesi sebagai freelance tetapi ia pun merupakan karyawan tetap di sebuah perusahaan. Tenaga kerja paruh waktu ini sangat banyak di bidang IT, khususnya IT Programmer, tenaga yang sehari-harinya membuat website, membuat aplikasi komputer, aplikasi gadget.

Jika anda termasuk freelance jenis tersebut atau yang ingin mencoba peruntungan dengan cara tersebut, mungkin beberapa tips dibawah dapat membantu.


1.  Mental Baja. Kenapa mental menjadi prioritas utama ? dengan menjadi freelance, anda berarti memiliki banyak bos yang siap menerkam jika terjadi suatu kesalahan. Karena pola hidup seorang Freelance yang juga merupakan karyawan, akan membuat anda hidup seperti dikejar-kejar segerombolan rentenir.

2.  Time Management. Berlatih untuk me-manage 24 Jam dalam sehari agar selalu seimbang antara pekerjaan kantor, pekerjaan pribadi dan keluarga. Untuk awal-awal, anda bisa berlatih membagi waktu seperti ini :

1. 8 Jam untuk kantor. Mulai dari jam masuk kantor sampai dengan tiba dirumah.
2. 4 Jam untuk keluarga. Mulai dari mandi sore atau makan malam (waktu normal) sampai anak atau istri tertidur.
3. 8 dari untuk pribadi. Mencari celah bisnis disaat orang lain tertidur adalah waktu yang sangat efektif sebetulnya, karena dapat berfikir lebih tenang, disaat orang beristirahat anda merencakan bisnis yang akan anda lakukan saat menjadi freelance.
4. 4 Jam untuk pribadi. Saatnya Anda beristirahat.
Biasakan pada jarak 1 atau 2 bulan mengatur pola hidup seperti ini, lama-lama anda akan terbiasa.

3.   Komitmen. Berjanjilah kepada diri sendiri untuk selalu konsisten dengan pekerjaan serta resiko yang akan diterima.

4.   Jangan menjadi koruptor waktu. Disela pekerjaan kantor pasti ada jam istirahat, jangan sekali-kali mempergunakannya untuk mengerjakan pekerjaan pribadi. Bukankah anda telah memiliki jadwal tersendiri ?, jadi cobalah komitmen dengan jadwal yang anda buat, meskipun anda gemar sekali melanggar aturan dikantor tempat anda bekerja. Namun pahami 1 hal, anda yang merupakan karyawan diperusahaan anda bekerja meskipun tidak bisa menjadikan anda seorang kaya raya, tapi perusahaan tersebut telah menghidupi anda selama ini. 😉

5.   Project Online. Untuk freelance programmer, bagian ini adalah hal yang paling menguntungkan, mencari project online yang pengerjaannya bisa dilakukan secara remote saat ini sudah tersedia dimana-mana, contohnya Freelancer[dot]com, odesk[dot]com, elance[dot]com, peopleperhout[dot]com, projects[dot]co[dot]id. Portal-portal tersebut bisa menjadi tambang emas bagi para freelace IT khususnya para pengembang aplikasi atau website.

6.   Multivitamin dan Olahraga. Kerja ekstra berarti anda melakukan aktivitas berlebih pada tubuh, jangan lengah tentang hal ini, meskipun anda bekerja untuk mencari penghasilan tambahan, tapi kesehatan pun perlu dijaga. Jadi belilah multivitamin yang benar-benar cocok agar tubuh anda selalu fit dan juga usahakan agar tubuh selalu bergerak, karena seorang IT terkadang suka lupa diri jika sudah dihadapan Laptop / PC. Tetapi ingatlah bahwa yang dimaksud dengan Multivitamin disini bukan obat-obatan penambah stamina, minuman berenergi dan yang terpenting, jangan sampai dianggap sebagai doping, karena hal ini akan menjadikan multivitamin sebagai sugesti. Sama halnya seperti programmer yang merokok, akan merasa stuck jika tidak bekerja sambil menghisap rokok.

7.   Project Management. Jika anda memiliki banyak keahlian, manage-lah keahilan anda tersebut dengan melakukan “project management“, jangan pernah mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu periode, targetkan setiap bisnis yang anda jalankan. misalnya 3 Bulan pertama Fokus pada bidang Web Development dengan goal 2 project kemudian 3 Bulan selanjutnya Fokus pada bidang Mobile Development dengan goal minimal 1 project.Jadi jangan pernah sekali-kali anda men-campuradukan 2 jenis project yang berbeda kecuali anda memiliki tim startup

8.   Cara Penjualan. Sebagai tenaga freelance IT, anda bukan hanya menjual ide dan kecerdasan anda. Melainkan produk berupa barang (software) dan jasa. Pilihlah diantara 2 hal berikut : [1] Jual murah banyak yang membeli atau jual mahal sedikit yang membeli.Dari kedua hal diatas, tentu anda yang merencakanan bisnis lebih mengetahui prinsip jual yang mana yang cocok dengan kemampuan yang anda miliki.

Nah, beberapa poin diatas semoga dapat membantu anda untuk memutuskan karir terbaik anda di Bidang IT. Apakah anda akan menjadi seorang karyawan, atau menjadi karyawan dan freelance. Semoga bermanfaat. 😉

Example Email Reschedule Interview - Contoh Reschedule Email Pada Saat Interview

Pernah  mengalami panggilan interview melalui email, tetapi anda tidak bisa menghadiri nya dan perlu reschedule waktu interview anda.
Walaupun sebenar nya melakukan reschedule interview adalah langkah yang kurang bagus, tetapi kadang cara ini tidak dapat di hindari.
berikut ini point point penting yang harus anda deskripsikan dalam email reschedule interview anda :
  • ucap kan terima kasih terlebih dahulu.
  • meminta maaf lah karena karena anda akan me-reschedule jadwal interview anda.
  • berikan alasan yang jelas kenapa anda melakukan reschedule ulang.
berikut ini beberapa contoh yang saya padu padan kan dari beberapa sumber.
sample 1
Dear Mrs Yanti.
Thank you for the opportunity to have interview with your company.
but my apologies for asking the cancellation and rescheduling of my job interview.
on monday, x october 2012 i have an appointment that can not be postpone.
I would appreciate if you can reschedule the interview to wednesday, x october 2012.
Thank you for your prompt attention to this matter.
regards
aditya satrio N.
sample 2
Dear [Name of the hiring coordinator]
My apologies for asking the cancellation and rescheduling of my job interview
Because of [xyz], I am sending you this written notice to request the cancellation of my job interview for the job of [position] at [location, department] with [Name].
I would appreciate if you can reschedule the job interview as soon as possible.
Thank you for your prompt attention to this matter.
Sincerely,
[Your name]
sample 3
Dear [Name of the hiring coordinator]
I regret that I must cancel our appointment or , I am sorry to ask for canceling my meeting [job interview]
on [Date] with [Name] at your corporate office as [reason].
I would like to reschedule the appointment and therefore ask to fix up a new time for it.
Sincerely,
[Your name]
sample 4
Dear Mr. Potter:
I am most excited to receive your letter of December 12, 2004 informing me of
the upcoming interview on December 17 in connection with my application for the
position of Project Coordinator.
However, I am writing to inquire if there is any possibility of rescheduling the
date for the interview. I am very much interested in this position, yet unfortunately, I
have a professional certification exam scheduled for the same day. This exam is held
only twice a year, and I would have to wait until next June if I miss this one.
I apologize for any inconvenience that the rescheduling might cause you, but
I ask for your understanding and assistance in making another appointment for our
meeting. Thank you very much.
Respectfully
Emi
sample 2-4 saya himpun dari search di google, dan saya lupa sumber link nya. credits to the original author :D
Untuk menjadwal ulang ada baik nya hanya anda lakukan sekali saja, lebih dari sekali akan membuat “image” anda kurang baik terhadap interviewer, jika anda tidak yakin dengan jadwal interview anda yang terbaik adalah lebih baik menolak dari awal. Berat memang tapi resiko ini pernah saya ambil.
Ada cerita teman yang me-reschedule jadwal sampai 2 kali dari perusahaan yang terbilang bagus (perusahaan IT asing) alhasil reschedule untuk kedua kali nya dia di tolak mentah mentah oleh perusahaan tersebut, karena di anggap tidak serius.
Jadi untuk teman teman pikirkan baik baik dalam me-reschedule interview :D

sumber :https://snippetjournal.wordpress.com/2012/10/07/example-email-reschedule-interview/

Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah

Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop hey semua pasti kalian tahukan Karikatur itu loh gambar yang di buat semirip mungkin dengan gambar aslinya  dan yang dilebih-lebihkan pada bagian wajahnya. Tujuan dibuatnya karikatur adalah untuk menyindir seseorang. Misalnya orang dengan hidung mancung, maka digambar berhidung panjang sekalian. Hal itu sah-sah saja dilakukan, tidak ada yang melarangnya. Kalau matanya sipit sekalian dibuat aja cuma segaris. yang penting gambar itu lucu dan mirip dengan gambar aslinya .
Biasanya Karikatur di buat dengan pensil, spidol, airbrush, kapur tulis, rapido, konte, drawing pen . ternyata karikatur juga bisa di buat dengan Photoshop . Dan prosesnya tidak serumit membuat karikatut dengan pensil atau alat yang sudah saya sebutkan , cara cukup mudah kita hanya mengandalkan tool yang sudah tersedia di photoshop . dengan sedikit polesan hasilnya tidak kalah dengan karikatur yang di buat dengan pensil .
Pada tutorial kali ini saya akan mengajak sobat untuk membuat karikatur dengan Photoshop . kan lumayan jika kalian bisa membuat karkatur di photoshop kalian tidak perlu lagi menyewa jasa pembuat karikatur untuk membuat foto menjadi karikatur .untuk membuat karikatur di photoshop tidak di perlukan Keahlian khusus kok , Mimin sendiri tidak bisa menggambar apa lagi membuat karikatur:Dtapi dengan photoshop ternyata dapat dengan mudah Foto orang di buat karikatur . Oke deh langsung saja kita mulai dari pada nanti kalain keburu ngantuk baca tulisan ini:)

Tutorial Membuat Karikatur Dengan Photoshop

Langkah 1 Bahan-Bahan 

Jika kalian itu punya bahan seperti gambar , silahkan simpan gambar di bawah ini atau downlaod DISINI
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah


Langkah 2 Menyeleksi Gambar

Bukan Photoshop kalian , lalu buka Gambar yang sudah sobat siapkan . dan Hilangkan gambar gembok pada layer . caranya cukup Klik 2 kali pada gambar gembok/kunci
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah
Selanjutnya kita akan Menghilankan Backgorund foto . untuk menyelesia dengan Kondisi foto diatas akan lebih cepat menggunakan magic Wand Tool . aktifkan Magic wand Tool dan silahkan Klik pada Bagian Backgraound , maka secara otomatis background terseleksi semua . Dan sepertinya masih ada bagian-bagian yang belum terseleksi yaitu bagian Lengan  . untuk menyeleksinya tekan dan tahan tombol SHIFT di keyboard ,kemudian tambahkan seleksi pada bagian yang bolong . dengan cara Klik pada bagian tersebut.
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah

Jika sudah terseleksi semua tinggal tekan Tombol CTRL + Del dan backgroundpun sudah hilang .

Langkah 3 Memisahkan Bagian kepada dengan Badan

langkah selanjutnya yaitu memisakan bagian kepala dan badan . Kenapa harus di pisah ? karana karikatur pada bagian wajah harus di buat unik dan lucu , Nah untuk itu kita harus memisahkannya dan membuat kepalanya lebih besar dari badan .
silahkan seleksi pada bagian kepala , gunakan pen tool ntuk menyelesksi agar lebih mudah .  seperti gambar di bawah ini


jika sudah terseleksi pada bagian kepala anggak keatas dengan mengguankan Move Tool Membuat Pohon Kepala Dengan Photoshop (Photoshop Horor)lalu tekan CTRL + J untuk memisahkan kepada dengan membuatkannya layer . perhatikan kolong layer makan akan mucul layer baru .


untuk mempermudah membedakan layer sebaikanya di beri nama . caranya tinggal klik 2 kali pada bagian nama layer lalu rubah namanya

selanjutnya kita akan memperkecil bagian badannya . pastikan kalian berada di layer badan , tekan CTRL + T untuk mengecilkan ukuran badan . jika sudah tekan ceklis pada pojok kanan atas . oh iya jika kepalanya jadi 2 hapus saja bagian kepala di layer badan .

badan sudah kecil, sekaran saatnya  gilirian membuat kepalanya menjadi besar . pastikan kalian berada di layer kepala lalu tekan CTRL + T untuk membersarkan bagian kepala .

langkah 3 Karikatur 

sekarang saatnya membuat wajah menjadi karikatur yang lucu . untk membuat wajahnya Menjadi lucu dengan cirikhas mata besar , telinga besar , dan ekspresi wajah yang lucu dapat di buat menggunakan tool yang sudah ada di photoshop yaitu Liquify .
Pastikan kalian berada di layer kepala lalu Klik menu Filter => Liquify
perkecil bagian lehernya agar nanti pas dengan badannya
jika sudah , mulailah dari dari bagian  Kupingnya . tinggal tarik-tarik ya:Dbiar besar
selanjtunya tinggal di tarik-tarik saja . seperti bagian alis . bibir , hidung . dan rahang. kira-kira nanti hasilnya akan seperti ini
gimana kerenkan , sebernya itu suduh jadi tapi kurang ada efek kartunya . untuk itu lanjut ke langkah 5:)

Langkah 5 karikatur Smudge Painting

untuk membuat efek kartun bisa kita gunakan teknik Smudge Painting . jika kalian belum tahu apa itu Smudge Painting silahkan baca artikel Merubah foto menjadi Kartun dengan Photoshop ( Smudge Painting)
agar lebih mudah dalam menggunakan Teknih Smudge Painting sebaiknya gabungkan semua layer menjadi satu . caranya mudah kok , sambil menekan CTRL di keyboard , klik semua layer yang ada , kemudian klik kanan dan pilih Merge Layers.

Sekarang Klik Menu  Filter => Paint Daubs Kemudian muncul kotak dialog paint daubs dan atur seperti gambar di bawah ini.
dan hasilnya akan ada bintik-bintik .
sekarang aktifkan Smudge Tool lalu Gunakan tipe Faux Finish Brushes dan atur parameternya seperti ini.
oke kita akan memulai dari rambut , untuk bagian rambut gunakan model Faux Plastic Brushes / 90 seperti gambar di atas . sekarang gosok mengikuti bentuk rambut . dan seperti ini hasilnya
Untuk bagian kulit dan baju gunakan model Stencil Sponge Twirl/65 . lalu gosongkan mengikuti bentuk wajah .
dan hasilnya akan seperti ini
sebenrnya hasil di atas sudah bagus , tapi untuk mempercantik lagi kita akan mempertajam hasil smudge . caranya Kli menu Filter » Sharpen » Smart Sharpen.
Kemudian muncul kotak dialog smart sharphen seperti ini, silahkan atur sesuka Anda sesuai feeling anda. Kemudian tekan ok,

oke selesai .
berikut ini adalah Foto yang sebelum di edit .

dan ini adalah hasil akhri dari tutorial di atas
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop
sumber: http://www.trikmudahphotoshop.com/2015/01/cara-membuat-karikatur-dengan-photoshop-mudah.html

Memahami Page View, CPC, CTR dan RPM dalam Adsense

Memahami Page View, CPC, CTR dan RPM dalam Adsense
Ketika kita berinteraksi dengan google adsense kita akan mengenal beberapa istilah yang sering kita jumpai ketika memantau perkembangan pendapatan adsense yang kita miliki, beberapa istilah tersebut diantaranya adalah Page Impression, CPC, CTR, CPM dan eCPM, sebenarnya istilah tersebut adalah informasi analisa yang di berikan oleh google adsense untuk para publishernya, menanyangkut data yang berkaitan dengan penghasilan adsense yang mereka dapatkan.

#1. Page View
Page View / Page impression atau impressi bisa kita terjemahkan "Tampilnya halaman", adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau situs, nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut, jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan berjumlah 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Page impressionnya tetap saja adalah 10.

Istilah Impression bukan hanya pada google adsense, namun istilah ini dikenal juga untuk webmaster tool, jika di google adsense impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan adsense tampil, sedangkan untuk di webmaster istilah impression berkaitan dengan julah halaman ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian, semakin banyak impression maka itu menunjukan bahwa halaman dalam blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.

#2. Click
 Untuk mendifinisikan klik yang berkatan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandunga arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.

#2. CPC (Cost Per Click)
CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya, setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense, diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung dan lain sebagainya, untuk mengetahu informasi mengenai CPC silahkan baca juga Tips memaksimalkan pendapatan google adsense 

Google sangat merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang lebih tau mengenai nilai CPC untuk tiap unit iklannya, namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci tertentu, salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush, caranya anda bisa baca tentang Cara menemukan High Paying Keyword pada google adsense.

#3. CTR (Click Through Rate)
CTR (Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil,  jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.

#4.  RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)
RPM  adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.


#5. Estimated Earning
Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin bersar pula estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.

Demikian beberapa istilah yang bisa saya bagiakan untuk anda mengenai Page Impression, CPC, CTR dan eCPM Adsense, semoga bisa membantu.

sumber : http://adsense-lab.blogspot.com/2015/01/memahami-page-view-cpc-ctr-dan-rpm.html