Cara menambahkan “Angka 0” Sebelum Angka Lainnya pada Microsoft Excel 2007

bagaimana caranya untuk menambahkan angka 0 dibelakang angka lainnya pada Excel 2007 ? Misalnya angka 007 ? Karena jika kita menuliskan angka 007 tersebut maka secara otomatis Excel akan merubahnya menjadi angka 7 saja tanpa awalan angka 0. Rasanya semua pengguna Excel pasti tahu jawabannya, yaitu dengan menambahkan simbol ‘ saat menuliskan angka tersebut. Jadi untuk menuliskan angka 007 tersebut, pada sel di Excel kita tulisan ‘007 seperti tampak pada screenshot berikut ini.


Dan hasilnya Excel tetap menyertakan angka 0 dibelakang angka 7.


Namun permasalahan yang dihadapi peserta training tersebut bukan itu, tapi bagaimana caranya menambahkan angka 0 tersebut pada angka yang sebelumnya sudah tertulis ?

Sebagai contoh, misalnya saja kita memiliki tabel yang berisikan beberapa angka seperti berikut ini.


Pada deretan angka tersebut kita ingin menambahkan angka 0 didepannya hingga hasil yang diharapkan adalah 001, 002, dst. Dengan menggunakan cara sebelumnya bisa saja, yaitu dengan menambahkan simbol ‘, namun itu artinya kita harus mengetikan ulang semua angka tersebut secara manual, jika jumlahnya sedikit tentunya tidak masalah, namun jika jumlahnya banyak jelas sangat tidak efisien. Sebagai solusinya kita dapat menggunakan fasilitas format sel. Caranya sebagai berikut ini.

Pada tabel tersebut, sorot / blok sel A1 hingga A5. Lalu pada sel yang telah disorot tersebut, klik-kanan mouse dan pada menu yang muncul klik pada Format Cells. Atau cara cepatnya gunakan tombol shortcut CTRL + 1.


Pada kotak dialog Format Cells yang muncul, pastikan tab Number aktif. Lalu pada daftar Category pilih Custom.


Pada bagian Custom ini kita dapat mengatur format penulisan angka yang kita inginkan secara bebas. Secara default Excel juga telah menyediakan beberapa format penulisan angka yang umum digunakan. Namun untuk kasus peserta training diatas, maka kita harus menuliskan format sendiri.

Klik pada kolom isian dibawah Type: lalu ketikan “00”# seperti tampak pada screenshot berikut ini.


“00” Adalah karakter yang ingin kita tambahkan didepan angka dan simbol # mewakili angka yang sebelumnya sudah tertulis pada tabel.

Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog dan hasil akhir yang kita dapatkan dapat dilihat pada screenshot berikut ini.


Bisakah kita menambahkan 4 buah angka 0 ? Jelas bisa, caranya tinggal masuk kembali kedalam kotak dialog Format Cells lalu ganti karakter yang diapit tanda kutip dengan 0000, jadi yang tertulis pada bagian Type: adalah “0000”#.

Bisakah kita menambahkan karakter lain selain angka 0 ? Pasti bisa juga. Pada bagian Type: tersebut, cobalah untuk mengetikan “ABC-”#. Dan hasilnya dapat dilihat pada screenhot berikut ini :-)


Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya.

Sumber : http://mugi.or.id/blogs/arhiez/archive/2009/06/19/menambahkan-angka-0-sebelum-angka-lainnya-pada-excel-2007.aspx

1 comments:

Post a Comment