Pengertian Floppy disk, Sejarah,Perkembangan,Jenis-Jenis, dan Komponen Floppy disk

1. Pengertian Floppy Disk

        Floppy disk atau Disket adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Sekarang sudah banyak bermunculan media penyimpanan yang lebih maju dari floppy disk, seperti : CD-R, CD-RW, Flash Disk, dan Zip drive. Walaupun sudah banyak media penyimpanan yang lain, floppy disk masih tetap bertahan.

2. Sejarah Floppy Disk

         Awal sejarah floppy disk pada tahun 1967, pada saat IBM (International Bussiness Machines) menugaskan devisi media penyimpanannya untuk menciptakan sebuah system yang sederhana untuk meloading microcode kedalam mainframe 370.

Pada tahun 1971, Dibawah pimpinan Alan shugart dan para teknisi di IBM berhasil mengembangkan floppy disk yang pertama. Pada saat pertama ditemukan namanya bukan floppy disk, melainkan memory disk. Floppy disk diambil dari kata “floppy” yang berarti fleksibel, muncul karena memory disk tersebut yang sangat fleksibel.

Pada tahun 1975, sebuah perusahaan yang bernama Borroughs Corporation mengembangkan prototipe floppy disk berukuran 5 inci. Mereka menginginkan ada sebuah alat yang dapat menggantikan floppy disk yang berukuran 5 inci. Namun, Borroughs Corporation memutuskan untuk tidak melanjutkan proyek ini.Di tahun 1976, disket dan disk drive yang telah fleksibel telah dibuat oleh Alan Shugart atas permintaan perusahaan komputer Laboratories, yang menginginkan agar disk drive dan floppy disk ini dapat gunakan pada komputer desktop mereka. Kemudian para produsen komputer lainnya mengikuti cara ini.Dan pada tahun 80-an, Berbagai ukuran disk ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Dan masing-masing sistem komputer menggunakan formatnya sendiri-sendiri.Pada tahun 1981, Sony memperkenalkan disknya yang berukuran 3,5 inci.Pada tahun 1984, Apple computer memilih format disk produksi Sony tersebut untuk dipasangkan di computer Macintosh yang akhirnya menjadi format standar di Amerika.

3. Perkembangan Floppy Disk

Tahun 1969 merupakan awal dari Floppy Disk. Pada awal kemunculannya Floppy Disk berukuran 8 inchi dan hanya dapat menyimpan data sebesar 79,7kb. Saat itu floppy disk hanya dapat membaca ( read only ) sehingga ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi atau dihapus.

Tahun 1976, hadir Floppy Disk berukuran 5¼ inchi. Dapat menyimpan data sebesar 110 kB. Pada perkembangannya terdapat Floppy disk 5¼ inchi yang dapat menyimpan data sebesar 360 kb. Pada Floppy Disk 5¼ inchi telah dapat memodifikasi data dan menghapus data.

Pada tahun 1982 Floppy Disk ukurannya 3½ inchi. Pada awal kemunculannya hanya dapat menyimpan data 264 kb. Pada perkembangan selanjutnya terdapat Floopy Disk 3½ inchi yang berukuran 200 MB. Pada tahun 1990 an keberadaan Floppy Disk berukuran 5¼ inchi mulai lenyap dan Floppy Disk ukuran 3½ inchi menjadi dominan.

4. Jenis-Jenis Floppy Disk

JENIS UKURAN

KAPASITAS

KAPASITAS RANGE

PEMBUAT

3,5 inci

1,44 MB

400kb-1,44MB

SONY

3,5 inci

2,88 MB

-

IBM

5,2 inci

1,2 MB

200kb-1,22MB

SUGHART

8 inci

500 kb

100kb-500kb

IBM

5. Komponen Floppy Disk









1. Write-protectab; Yaitu sebuah lubang (hole) yang menunjukkan cakram    berkapasitas tinggi.

2. Hub; Yaitu piranti yag terhubung dengan drive pada komputer.

3. Shutter; Pelindung permukaan saat akan dikeluarkan dari dalam drive.

4. Plactic housting; 

5. Paper ring; Yaitu sebuah polyester yang mereduksi friksi (gesekan) saat berputar.

6. Magnetic disk; 

7. Disk sector. ; Yaitu representasi dari sebuah sektor data dalam disk.


6. SUMBER ATAU REFERENSI
  1. http://www.Geocities.com/jesayas_2000/floppydisk.htm
  2. http://www.wikipedia.com
  3. http://hoesien.wordpress.com/category/sejarah/
  4. http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-2/img/c747-f11-floopy_disk.jpg
kw = Pengertian Floppy disk, Sejarah Floppy disk, Perkembangan Floppy disk, Jenis Jenis Floppy disk, komponen Floppy disk

1 comments:

Post a Comment